Sabtu, 09 April 2016

Media Masyarakat



Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat

            Media komunikasi online merupakan alat atau perantara yang digunakan untuk menyampaikan pesan baik secara perseorangan atau kelompok secara online (menggunakan koneksi internet). Saat ini media telah berkembang dengan baik. Media yang paling banyak digunakan oleh mayarakat saat ini antara lain adalah media sosial. media sosial umumnya merupakan media milik  pribadi atau perseorangan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan baik antar personal maupun kepada banyak orang. Media sosial seperti facebook dan twitter. Saat ini masyarakat sangat tergantung dengan adanya media tersebut. Apalagi dengan teknologi yang semakin berkembang semakin memudahkan masyarakat untuk menyebarkan dan memperoleh informasi tersebut. Melalui media sosial masyarakat dapat saling berbagi informasi, cerita dan dapat juga memperoleh informasi seputar perkembangan politik, sistem dan kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah. Yang cukup penting untuk adanya media sosial adalah ketika ada hal buruk seperti bencana yang terjadi. Media sosial dapat memberikan informasi seputar bencana beserta korban-korban yang ada. Media sosial sebagai penyalur yang dapat memberikan informasi kepada keluarga korban yang kehilangan.
Media sosial dapat sebagai perantara pesan antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat dapat memberikan respon dan kritik terhadap pemerintah melalui media sosial.   Sekarang ini banyak dari masyarakat yang beralih dengan teknologi media modern untuk memperoleh informasi. Tak banyak untuk sekarang ini mereka yang masih membaca surat kabar. Mereka lebih suka mendapatkan informasi melalui media elektronik (tv) dan media online karena lebih mudah diakses dan berita yang muncul datang lebih cepat daripada menggunakan media cetak. Namun kemudahan seseorang dalam memperoleh informasi tersebut justru malah memunculkan dampak negatif. Misalnya ketika seseorang berniat untuk membuat berita tentang pencemaran nama baik seseorang maka ia akan dengan mudah menyebarkan berita palsu tersebut melalui media sosial dan tentu saja dapat dilihat oleh banyak orang. Ketika ada pihak yang sengaja menyalahgunakan penggunaan media maka itu akan sangat berdampak pada sistem pola pikir masyarakat. contohnya ketika sebuah media menyebarkan isu tentang pemimpin yang korupsi maka sedikit banyak akan merubah pola pikir masyarakat tentang pemimpin itu.
Media sosial umumnya banyak digunakan oleh anak muda ini. Tak hanya mengubah pola pikir namun juga dapat mengubah perilaku masyarakat. media ini digunakan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ketika seseorang telah terbiasa untuk mengecek media sosialnya setiap hari. Banyak juga dari mereka yang menghabiskan waktu mereka dengan membuka atau mengupdate media sosial mereka. Media sosial banyak merubah perilaku masyarakat menjadi perilaku yang konsumtif. Konsumtif terhadap media dan internet (online) tepatnya. Banyak juga anak-anak muda khususnya remaja yang mengesampingkan belajar mereka karena sibuk dengan media sosialnya. Setiap media memiliki sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya melalui media sosial mereka dapat berbagi informasi seperti diskusi kelompok terhadap suatu peristiwa, membuat grup suatu komunitas tertentu dan memberikan serta menerima informasi yang mengandung pembelajaran atau pendidikan. Para pengguna media sosial dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik. Namun penggunaan media sosial berlebihan dapat mempengaruhi perilaku masyarakat. Pengguna media sosial yang sebelumnya suka bertemu dan berkomunikasi secara langsung menjadi malas untuk bertemu dan hanya berkomunikasi melalui media. Sikap masyarakat yang individualistis pun tak dapat dihindari. Sosialisasi dengan masyarakat sekitar atau dengan lingkungannya menjadi kurang. Mereka menjadi lebih suka menyendiri dan sibuk dengan media sosialnya masing-masing. Meskipun mereka bertemu secara langsung, mereka hanya akan sedikit berbicara dan kembali dengan kesibukannya dengan media sosial masing-masing. Sebenarnya itu cukup mengganggu perkumpulan, karena waktu yang harusnya digunakan untuk berbincang-bincang tergantikan dengan waktu untuk media sosial. penggunaan media secara berlebihan dapat mengurangi tingkat efektifitas sosialisasi lingkungan.    
Bahkan saat ini media sosial tak hanya digunakan untuk berbagi informasi namun sudah banyak yang menggunakannya sebagai media bisnis atau lebih dikenal dengan bisnis online. Mereka memberikan informasi mengenai produk atau jasa mereka melalui media sosialnya, mempromosikanya kemudian melakukan transaksi jual beli pula secara online. Meskipun dinilai menghasilkan dampak positif seperti lebih serta efisien serta tak membutuhkan banyak biaya namun tetap saja dapat menimbulkan dampak negatif. Selalu ada saja pihak-pihak yang melakukan kejahatan online, beberapa melakukan penipuan dengan nominal yang tidak sedikit. Ini tentu saja sangat merugikan masyarakat. Maraknya bisnis online saat ini membuat banyak orang yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen. Walaupun bisnis online ini sendiri sudah sangat banyak namun tak sedikit yang masih suka membeli atau menggunakan jasa secara langsung. Mereka masih khawatir dengan adanya penipuan pembelian online. Dibutuhkan kepercayaan yang tinggi oleh konsumen dalam melakukan pembelian secara online. Saling percaya juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan media sosial. ketika seseorang sedang melakukan komunikasi antar personal (personal chat) dalam suatu media sosial dibutuhkan kepercayaan satu sama lain. Karena terkadang tak semua adalah orang yang sudah dikenal. Terdapat orang-orang yang melakukan komunikasi personal dengan orang yang baru saja dikenal di media sosialnya. Awal mula terjadinya penipuan serta kejahatan lainnya biasanya berasal dari komunikasi dari media sosial.

Terlepas dari sisi negatif penggunaan media sosial yang berlebihan, media merupakan hal yang penting bagi kehidupan bermasyarakat. Tanpa adanya media, masyarakat akan kesulitan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Jika tidak ada media, maka akan banyak terjadi kesalahpahaman dalam suatu kejadian dan timbul konflik-konflik dalam suatu peristiwa. Fungsi lain media sosial yaitu untuk memperjelas suatu keadaan atau penjelasan informasi terhadap suatu konflik atau peristiwa. Media sosial memungkinkan penggunanya menyebarkan serta menerima informasi dengan sangat cepat baik itu berita positif ataupun negatif, berita asli (real) atau palsu (hoax). Tak hanya menerima pesan saja, melalui media tersebut masyarakat juga dapat memberikan timbal balik atau respon terhadap informasi yang diberikan. Pada media sosial masyarakat dapat langsung memberikan respon dengan cara menuliskan komentar. Itulah mengapa media dan masyarakat saling berhubungan. Masyarakat tanpa media akan kesulitan dan begitu juga dengan media tanpa masyarakat akan kehilangan fungsinya. Ketika media itu sendiri digunakan dengan baik atau sebagaimana mestinya maka dampaknya juga akan positif dan ketika disalahgunakan akan berdampak negatif. 
oleh : Dina Annisa Rahma Oktaviani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar